Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom
Action Research memiliki banyak manfaat bagi dunia pendidikan di Indonesia.
Ada banyak hal yang menjadi alasannya. Di antaranya bahwa, hasil-hasil dari PTK
dapat langsung dimanfaatkan untuk meningkatkan atau memperbaiki kualitas
pembelajaran di dalam kelas guru yang bersangkutan.
A.
Manfaat
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menurut Ahli
Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut beberapa ahli adalah sebagai
berikut :
1.Mohammad Asrori (2007:15) menyatakan
bahwa manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat dikaji dari beberapa
pembelajaran dikelas. Manfaat yang terkait dengan komponen pembelajaran antara
lain :
a.Inovasi
pembelajaran
b.Pengembangan
kurikulum di tingkat sekolah dan kelas
c.Peningkatan
profesionalisme guru
2. Sukayati (2008: 13) manfaat Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang terkait dengan pembelajaran hampir sama dengan yang
disampaikan oleh Mohammad Asrori antara lain mencakup hal-hal berikut:
a.Inovasi,
dalam hal ini guru perlu selalu mencoba, mengubah, mengembangkan, dan
meningkatkan gaya mengajarnya agar mampu merencanakan dan melaksanakan model
pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kelas dan zaman.
b.Pengembangan
kurikulum di tingkat kelas dan sekolah, PTK dapat dimanfaatkan secara efektif
oleh guru untuk mengembangkan kurikulum. Hasil-hasil PTK akan sangat bermanfaat
jika digunakan sebagai sumber masukan untuk mengembangkan kurikulum baik di
tingkat kelas maupun sekolah.
c.Peningkatan
profesionalisme guru, keterlibatan guru dalam PTK akan dapat meningkatkan
profesionalisme guru dalam proses pembelajaran. PTK merupakan salah satu cara
yang dapat digunakan oleh guru untuk memahami apa yang terjadi di kelas dan
cara pemecahannya yang dapat dilakukan.
3.Rustam dan Mundilarto (2004)
mengemukakan manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi guru, yaitu:
a.Membantu
guru memperbaiki mutu pembelajaran
b.Meningkatkan
profesionalitas guru
c.Meningkatkan
rasa percaya diri guru
d.Memungkinkan
guru secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.
4.Cole dan Knowles (Prendergast,
2002:3-4) manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah dapat mengarahkan para
guru untuk melakukan kolaborasi, refleksi, dan bertanya satu dengan yang lain
dengan tujuan tidak hanya tentang program dan metode mengajar, tetapi juga
membantu para guru mengembangkan hubungan-hubungan personal.
5.Noffke (Prendergast (2002:5), manfaat Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) adalah dapat mendorong para guru melakukan refleksi
terhadap praktek pembelajarannya untuk membangun pemahaman mendalam dan
mengembangkan hubungan-hubungan personal dan sosial antar guru.
6.Whitehead (1993) manfaat Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) adalah dapat memfasilitasi guru untuk mengembangkan
pemahaman tentang pedagogik dalam rangka memperbaiki pembelajarannya.
7.Prendergast (2002) manfaat Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) adalah :
a.Dapat
membantu pengembangan kompetensi guru dalam menyelesaikan masalah pembelajaran
mencakup kualitas isi, efisiensi, dan efektivitas pembelajaran, proses, dan
hasil belajar siswa
b.Peningkatan
kemampuan pembelajaran akan berdampak pada peningkatan kompetensi kepribadian,
sosial, dan profesional guru.
B. Manfaat
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Siswa, Guru, Sekolah dan Teori Pendidikan
1.Manfaat
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Siswa dan Pembelajaran
Tujuan
PTK adalah memperbaiki
kualitas proses pembelajaran dengan
sasaran akhir memperbaiki hasil belajar
siswa, sehingga PTK mempunyai manfaat yang sangat besar dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Dengan adanya pelaksanaan PTK,
kesalahan dan kesulitan dalam proses pembelajaran
(baik strategi, teknik, konsep,
dan lain-lain) akan dengan cepat dapat dianalisis
dan didiagnosis, sehingga kesalahan dan kesulitan tersebut tidak akan
berlarut-larut. Jika kesalahan yang terjadi dapat segera diperbaiki, maka
pembelajaran akan mudah dilaksanakan, menarik, dan hasil belajar siswa diharapkan akan meningkat.
Ini menunjukkan adanya
hubungan timbal balik antara pembelajaran dan perbaikan hasil belajar siswa.
Keduanya akan dapat terwujud, jika guru memiliki kemampuan dan kemauan untuk
melakukan PTK. Selain PTK dapat
meningkatkan hasil belajar siswa,
PTK yang dilakukan oleh guru dapat menjadi model bagi siswa dalam meningkatkan prestasinya. Guru yang selalu melakukan PTK yang inovatif dan kreatif akan memiliki sikap kritis dan reflektif terhadap hasil belajar yang dicapai siswa. Sikap kristis inilah yang akan
dijadikan model bagi siswa untuk terus merefleksi diri sebagaimana yang
dilakukan oleh gurunya. Adapun Manfaat PTK bagi siswa secara terperinci yaitu :
a. Peningkatan atau perbaikan kinerja siswa di
sekolah
b. Peningkatan atau perbaikan masalah-masalah
pendidikan anak di sekolah
c.Peningkatan dan perbaikan kualitas dalam
penerapan kurikulum dan pengembangan kompetensi siswa di sekolah
d.Memupuk dan meningkatkan keterlibatan,
kegairahan, ketertarikan, kenyamanan, kesenangan dalam diri siswa untuk
mengikuti proses pembelajaran di kelas. Di samping itu, hasil belajar siswa pun
dapat meningkat
e.Memberikan bekal kecakapan berfikir ilmiah
melalui keterlibatan siswa dalam kegiatan penelitian tindakan kelas yang
dilakukan oleh guru
2.Manfaat
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru
a.Guru memiliki kemampuan memperbaiki proses pembelajaran
melalui suatu kajian yang mendalam terhadap apa yang terjadi dikelasnya.
Keberhasilan dalam perbaikan ini akan menimbulkan rasa puas bagi guru, karena
Ia telah melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi siswanya melalui proses
pembelajaran yang dikelolanya.
b.Dengan melakukan PTK, guru
dapat berkembang dan meningkatkan kinerjanya
secara profesional,
karena guru mampu menilai, merefleksi diri, dan mampu memperbaiki pembelajaran
yang dikelolanya. Dalam hal ini, guru tidak lagi hanya sebagai seorang praktisi
yang sudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan selama ini, namun juga
sebagai peneliti dibidangnya yang selalu ingin melakukan perbaikan-perbaikan
pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
c.Melalui PTK, guru mendapat
kesempatan untuk berperan aktif
dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sendiri. Guru tidak hanya
menjadi penerima hasil perbaikan dari orang lain, namun guru itu sendiri
berperan sebagai perancang dan pelaku perbaikan tersebut, sehingga diharapkan
dapat menghasilkan teori-teori dan
praktik-praktik pembelajaran.
d.Dengan PTK, guru akan
merasa lebih percaya diri. Guru yang selalu merefleksi diri, melakukan evaluasi
diri, dan menganalisis
kinerjanya sendiri di dalam kelas, tentu saja akan selalu menemukan kekuatan,
kelemahan, dan tantangan pembelajaran dan pendidikan masa depan, dan
mengembangkan alternatif pemecahan
masalah / kelemahan yang ada pada dirinya dalam pembelajaran. Guru yang
demikian adalah guru yang memiliki kepercayaan
diri yang kuat.
3. Manfaat
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Sekolah
Sekolah yang para gurunya memiliki kemampuan
untuk melakukan perubahan atau
perbaikan kinerjanya secara profesional, maka sekolah tersebut
akan berkembang pesat. Ada hubungan yang erat antara berkembangnya suatu
sekolah dengan berkembangnya kemampuan guru. Sekolah tidak akan berkembang,
jika gurunya tidak memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri. Kaitannya
dengan PTK, jika sekolah yang
para gurunya memiliki keterampilan
dalam melaksanakan PTK tentu saja sekolah tersebut akan memperoleh manfaat yang
besar, karena peningkatan kualitas
pembelajaran mencerminkan kualitas
pendidikan di sekolah tersebut. Adapun Manfaat PTK bagi sekolah secara
terperinci yaitu :
a.Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, dan
hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
b.Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya
dalam mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas.
c.Meningkatkan sikap profesional pendidik dan
tenaga kependidikan.
d.Menumbuh-kembangkan budaya ilmiah di lingkungan
sekolah, untuk proaktif dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan/pembelajaran
secara berkelanjutan.
e.Memberikan nilai tambah (value added) yang positif bagi sekolah
f.Menjadi alat evaluator dari program dan
kebijakan pengelolaan sekolah yang sudah berjalan
4.Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi
Teori Pendidikan
Manfaat bagi teori pendidikan yaitu dapat menjadi jembatan teori dan
praktik, dengan artian seorang praktisi ataupun guru akan berkolaborasi dengan
seorang akademikus sehingga berpotensi menerjemahkan teori yang bersifat
konseptual menjadi hal-hal yang bersifat riil dan praktis.
Dari beberapa penjelasan diatas, maka adapun manfaat Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) Secara umum, yaitu :
1. Menghasilkan
laporan-laporan PTK yang dapat dijadikan bahan panduan guru untuk meningkatkan
mutu pembelajaran. Selain itu hasil-hasil PTK yang dilaporkan dapat menjadi
bahan artikel ilmiah atau makalah untuk berbagai kepentingan, antara lain
disajikan dalam forum ilmiah dan dimuat di jurnal ilmiah.
2.Menumbuhkembangkan
kebiasaan, budaya, dan atau tradisi meneliti dan menulis artikel ilmiah di
kalangan guru. Hal ini telah ikut mendukung profesionalisme dan karir guru.
3.Mampu
mewujudkan kerja sama, kaloborasi, dan atau sinergi antar-guru dalam satu
sekolah atau beberapa sekolah untuk bersama-sama memecahkan masalah
pembelajaran dan meningkatkan mutu pembelajaran.
4.Mampu
meningkatkan kemampuan guru dalam menjabarkan kurikulum atau program
pembelajaran sesuai dengan tuntutan dan konteks lokal, sekolah, dan kelas. Hal
ini memperkuat dan relevansi pembelajaran bagi kebutuhan siswa.
5.Dapat
memupuk dan meningkatkan keterlibatan , kegairahan, ketertarikan, kenyamanan,
dan kesenangan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas yang
dilaksanakan guru. Hasil belajar siswa pun dapat meningkatkan.
6.Dapat
mendorong terwujudnya proses pembelajaran yang menarik, menantang, nyaman,
menyenangkan, dan melibatkan siswa karena strategi, metode, teknik, dan atau
media yang digunakan dalam pembelajaran demikian bervariasi dan dipilih secara
sungguh-sungguh.
Terimakasih bu,,, lengkap sekali
BalasHapussama" :)
BalasHapusmakasih . . .
BalasHapuskak ada bukunya atau daftar pustakanya ga? aku butuh
BalasHapusterima kasih, mampir ya ke blog Dampak Penelitian Tindakann Kelas... dan kalau sedang kesulitan bisa Konsultasi Gratis melalui WhatsApp.
BalasHapusterima kasih banyak kakak..
BalasHapus